Tips Menanam Tanaman Herbal Sendiri

Jika Anda bukan tipe orang yang ingin menghabiskan waktu mengelola kebun buah atau taman dapur yang rumit, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menanam dan memelihara taman dapur. Meskipun produknya mungkin tidak terlalu signifikan, Anda masih akan menikmati ketersediaan rempah-rempah segar dan lezat secara konstan untuk membumbui makanan Anda.

Pertama, Anda harus memilih herba yang akan Anda tanam. Anda mungkin mengalami kesulitan melakukan ini karena banyaknya jamu yang tersedia. Tetapi cara terbaik untuk memilih adalah melakukan apa yang saya lakukan; lihat apa yang Anda miliki di dapur Anda. Dengan menanam koleksi herba Anda sendiri, Anda dapat menghemat uang dengan membelinya dari toko grosir, sambil tetap mendapatkan manfaat tambahan berupa kesegaran. Beberapa herba yang bisa Anda gunakan antara lain rosemary, sage, basil, dill, mint, chives, dan peterseli, dan lain-lain.

Saat memilih area untuk meletakkan kebun sayur Anda, Anda harus ingat bahwa tanah harus memiliki drainase yang sangat baik. Jika kotoran disiram dan tetap jenuh sepenuhnya, Anda tidak memiliki kesempatan untuk menumbuhkan tanaman yang sehat. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah drainase adalah dengan menggali lebih dalam satu kaki ke dalam tanah dan meletakkan lapisan batuan yang dihancurkan sebelum mengganti semua tanah. Ini akan memungkinkan semua air keluar, sehingga menyelamatkan tanaman Anda.

Saat Anda siap untuk mulai menanam herba, Anda mungkin tergoda untuk membeli tanaman yang lebih mahal dari toko. Namun, dengan herba, jauh lebih mudah menumbuhkannya dari biji dibandingkan dengan tanaman lain. Oleh karena itu, Anda dapat menghemat banyak uang dengan tetap menggunakan paket benih. Beberapa tumbuhan tumbuh dengan sangat cepat. Misalnya, jika Anda menanam tanaman mint di tempat terbuka, itu akan mengambil alih seluruh taman dalam beberapa hari. Cara terbaik untuk mencegah masalah ini adalah dengan menanam tanaman yang lebih agresif di dalam pot (dengan lubang di bagian bawah untuk memungkinkan drainase, tentunya).

Baca Juga  Beberapa Peralatan dalam Berkebun

Ketika tiba waktunya untuk memanen herba yang telah Anda kerjakan dengan sangat keras, dapat berakibat fatal jika tanaman Anda lepas terlalu banyak. Jika tanaman Anda tidak tumbuh dengan baik, tidak sehat untuk mengambil daunnya, meskipun sepertinya Anda tidak menggunakannya. Anda harus menunggu sampai tanaman Anda tumbuh dengan baik setidaknya selama beberapa bulan sebelum membuang daunnya. Penantian ini pasti akan sia-sia, karena saat Anda tumbuh tanpa henti, tanaman Anda akan berproduksi dengan sehat selama bertahun-tahun yang akan datang.

Setelah Anda memanen herba buatan sendiri yang lezat, Anda pasti ingin menggunakannya di dapur. Mengapa lagi Anda menanamnya? Nah, pertama prosesnya dimulai dengan pengeringan. Ini mudah dilakukan dengan meletakkannya di atas loyang dan memanggangnya pada suhu 170 derajat Fahrenheit selama 2-4 jam. Setelah cukup kering untuk digunakan dalam memasak, Anda dapat melihat buku resep terdekat untuk petunjuk tentang cara menggunakannya untuk membumbui hidangan secara efektif.

Jika Anda ingin menyimpan herba untuk digunakan nanti, sebaiknya simpan dalam wadah plastik atau kaca. Kertas atau karton tidak akan berfungsi, karena akan menyerap rasa jamu. Selama beberapa hari pertama penyimpanan, Anda harus memeriksa wadah secara teratur dan melihat apakah ada uap air yang terbentuk. Jika ya, Anda perlu membuang semua herba dan mengeringkannya kembali. Jika kelembapan tertinggal dari proses pengeringan pertama, ini akan mendorong munculnya jamur saat Anda menyimpan herba. Tidak ada yang suka jamur.

Jadi, jika Anda menyukai tanaman herbal atau berkebun, atau keduanya, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk membuat kebun sayur. Mungkin diperlukan kerja keras pada awalnya untuk mengaturnya agar drainase yang optimal dan memilih tumbuhan yang ingin Anda tanam. Tetapi setelah kerepotan awal, itu hanya masalah mengumpulkan dan mengeringkan semua herba favorit Anda.

Baca Juga  Membuat Sistem Irigasi Tetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *