Perawatan Dasar Tanaman Air

Kebanyakan orang yang membeli akuarium melakukannya karena tampilan visualnya. Diketahui bahwa orang menghabiskan lebih banyak uang untuk mendekorasi akuarium mereka daripada ikan dan akuarium itu sendiri. Sebaiknya saat berbelanja barang-barang dekoratif ini, Anda mempertimbangkan untuk membeli barang-barang yang enak dipandang, tetapi juga alat yang berguna untuk menyeimbangkan dan memelihara bak mandi Anda.

Sebelum menggunakan potongan plastik hijau yang menempel di kerikil, pertimbangkan untuk menggunakan tanaman hidup. Tumbuhan air berfungsi dalam banyak hal. Yang terpenting, tumbuhan hidup akan menambah oksigen ke air dan membantu menjaga kimiawi air. Mereka juga berfungsi sebagai tempat bakteri menguntungkan dapat berkoloni. Bakteri ini penting untuk dimiliki dan membantu memecah produk limbah di dalam tangki. Secara keseluruhan, penggunaan tanaman hidup membantu menjaga akuarium Anda tetap bersih dan sehat sekaligus menambahkan efek visual yang sempurna.

Setelah Anda memutuskan untuk menggunakan tanaman hidup, Anda harus membiasakan diri dengan cara menanam dan merawat tanaman ini. Kunci untuk menumbuhkan tanaman hidup yang sehat adalah menyeimbangkan pencahayaan dan nutrisi di dalam akuarium. Lebih baik menggunakan lebih banyak pencahayaan daripada yang disertakan dengan tudung standar. Satu bohlam yang dilengkapi dengan penutup tidak cukup untuk mendorong pertumbuhan tanaman yang sehat. Saat menambahkan pencahayaan ekstra, pastikan untuk mengimbanginya dengan suplemen nutrisi untuk merangsang pertumbuhan tanaman sekaligus mengurangi kemungkinan penumpukan alga. Alga yang memakan ikan akan menjadi tambahan yang bagus. Mereka akan menjaga tingkat alga tetap rendah dan tidak akan merusak tanaman hidup.

Keputusan untuk menggunakan tanaman hidup harus menjadi yang utama dan langkah-langkah harus diambil untuk menyiapkan tangki untuk digunakan nanti. Dianjurkan agar Anda menambahkan semua tanaman Anda di awal dan membiarkannya stabil. Dengan cara ini, Anda akan menghilangkan kemungkinan ganggang menggunakan nutrisi tambahan dan pencahayaan ekstra. Dianjurkan untuk menanam tanaman yang tumbuh cepat dan beberapa tanaman terapung. Beberapa jenis ikan, seperti lele, suka mencari perlindungan dari cahaya langsung. Tanaman terapung akan memberikan pelarian ini bagi ikan dan menambahkan efek yang bagus pada desain dan dekorasi akuarium.

Baca Juga  Tips Perawatan Akuarium Ikan Air Laut

Setelah tanaman Anda tumbuh dengan baik dan tumbuh dengan baik, tambahkan ikan favorit Anda dan nikmati akuarium yang indah. Sambil menjaga agar tanaman tetap hidup di akuarium, penting untuk merawatnya seperti halnya tanaman lain. Selalu buang daun yang membusuk karena cenderung menguras nutrisi dari bagian tanaman yang sehat. Akar yang sekarat akan membusuk di bawah kerikil. Pastikan untuk membuang bagian tanaman yang sekarat atau tampak sakit. Banyak tanaman yang ditanam di kerikil akan berkembang biak. Tanaman yang baru tumbuh bisa dibuang dan ditanam di bagian akuarium yang lain. Jika Anda menggunakan tanaman hidup yang sebagian besar merupakan tanaman batang, coba buang daun bagian bawah. Daun rendah ini cenderung tidak menerima jumlah cahaya yang dibutuhkan agar tetap sehat.

Menggunakan tanaman hidup pasti akan membantu menciptakan akuarium mahakarya yang enak dipandang dan merupakan lingkungan yang bahagia dan sehat untuk ikan Anda. Selalu ingat untuk membersihkan akuarium Anda secara teratur dan memeriksa pembusukan tanaman setiap minggu. Pemeliharaan terjadwal adalah kunci untuk memelihara akuarium yang indah dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *