Perawatan Akuarium Untuk Ikan Guppy Air Tawar

Ikan guppy mungkin adalah jenis ikan air tawar yang paling populer untuk dipelihara di akuarium. Untungnya, mereka juga cukup mudah dirawat. Ikan guppy adalah ikan kuat yang dapat dengan mudah beradaptasi dengan fluktuasi kecil dalam kualitas air. Namun, jangan biarkan fluktuasi ini menjadi kebiasaan umum, karena dapat menyebabkan ikan stres. Suhu air di akuarium ikan guppy harus dijaga antara tujuh puluh dua dan delapan puluh dua derajat. P.H. level harus dijaga antara 7.0 dan 8.2. Seperti yang Anda lihat, spesifikasi ini jauh lebih mudah dipahami dibandingkan dengan beberapa ikan tropis atau laut. Ikan guppy matang dengan cepat dan biasanya hanya tumbuh sekitar satu setengah hingga dua inci panjangnya. Ada tubuh kecil dan kipas berbulu seperti ekor menambah banyak minat pada tangki. Mereka hanya menyenangkan untuk ditonton.

Seperti jenis akuarium lainnya, ada tiga komponen dasar untuk merawat ikan. Diet sangat penting. Ikan guppy harus diberi makan dalam jumlah yang sangat kecil hingga tiga kali sehari. Ikan guppy akan makan apa saja, tetapi makanan utamanya harus terdiri dari makanan beku atau serpihan. Hal ini terutama harus dipertimbangkan ketika ada ikan guppy kecil di dalam akuarium, karena ikan gupi akan memakan anak-anaknya. Fitur terpenting berikutnya dalam merawat ikan apa pun adalah pengaturan air yang tepat. Suhu spesifik tercantum di atas, tetapi seringnya mengganti air juga penting. Biasanya setiap satu hingga dua minggu, sesuai kebutuhan. Jika air mulai berbau atau keruh, itu pertanda baik bahwa sudah waktunya untuk mengganti air. Jika pergantian air dilakukan secara bertahap, yang berarti mengganti sekitar sepertiga tangki sekaligus, ikan akan sedikit terganggu.

Baca Juga  Perawatan Dasar Tanaman Air

Terakhir dalam daftar untuk menjaga kesehatan ikan adalah membuat mereka bahagia. Cobalah untuk menciptakan kembali lingkungan alaminya. Dianjurkan untuk menyimpan berbagai tanaman di akuarium agar ikan guppy berlindung. Harus ada sekitar satu atau dua inci substrat di dasar tangki. Batu berwarna atau karang mati yang hancur merupakan tambahan yang bagus untuk akuarium dan dapat membantu membuat ikan merasa lebih nyaman.

Beberapa varietas ikan guppy adalah Fantail, Flagtail, Spadetail, Deltatail, dan Roundtail. Nama-nama dari semua jenis ikan gupi ini berfokus pada ekornya karena mereka sangat luar biasa dan unik. Ekornya sendiri biasanya berukuran sepertiga dari seluruh ikan. Dimungkinkan untuk mencampurkan ikan guppy dengan varietas ikan lainnya. Namun, berhati-hatilah saat mencampur karena ikan guppy ditargetkan sebagai mangsa yang mudah karena ekornya yang mewah. Ikan guppy berkembang biak dengan sangat cepat, biasanya setiap tiga hingga empat minggu. Mereka saling silang, sehingga akuarium dapat terisi dengan sangat cepat dengan berbagai variasi warna. Sangat mungkin untuk memiliki akuarium yang menarik tanpa harus memiliki ikan lain. Jika Anda tidak ingin spesies tersebut menyeberang, cukup simpan di tangki terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *