Panduan Perawatan Akuarium Baru

Saat memulai akuarium baru, penting untuk memahami siklus nitrogen. Banyak pemilik akuarium baru yang hobi memelihara ikan terlalu cepat. Sebelum membeli ikan, akuarium harus didaur ulang. Ini bisa memakan waktu mulai dari dua puluh empat jam sampai empat minggu. Di akuarium yang sudah mapan, ada beberapa bakteri yang membantu memecah amonia menjadi nitrat, tetapi bakteri tersebut tidak ada di akuarium baru karena dihasilkan oleh ikan yang sudah ada. Jika tidak ada ikan, maka tidak ada bakteri baik.

Prinsip dasar siklus nitrogen adalah ini. Ikan memakan makanan dan menghasilkan limbah. Limbah itu bersama dengan makanan berlebih dan sisa-sisa tanaman menjadi amonia di akuarium. Amonia beracun bagi ikan dan harus diuraikan. Inilah mengapa bakteri nitrifikasi penting. Bakteri ini mengubah amonia menjadi nitrit yang lebih dapat ditoleransi oleh ikan daripada amonia. Selanjutnya, beberapa bakteri nitrifikasi akan mengubah nitrit menjadi nitrat, yang bahkan lebih tidak beracun bagi ikan dan kehidupan akuarium lainnya. Nitrat dikumpulkan dan diminimalkan melalui filter; namun pada akhirnya akan terakumulasi di waduk. Penggantian air secara teratur diperlukan untuk menghilangkan nitrat dari air.

Penting untuk menyiapkan dan mengelola akuarium sebelum ikan masuk ke lingkungan. Cuci bak mandi dan substrat serta dekorasi dengan air. Jangan gunakan sabun. Isi tangki dengan air yang dideklorinasi dan sambungkan filter dan pencahayaan. Biarkan tangki mengalir sampai air tidak lagi keruh dan suhu air cukup dan P.H terbentuk.

Sekarang saatnya membeli ikan! Belilah ikan yang kuat seperti danios, barb, gurami, dan pembawa hidup. Mereka harus mampu menahan nitrit dan amonia tingkat tinggi di akuarium baru. Perkenalkan hanya sekitar empat ikan dalam satu waktu. Taruh ikan di dalam kantong di akuarium selama sekitar lima belas menit sebelum menambahkannya ke akuarium. Ini akan membantu ikan terbiasa dengan suhu air di rumah baru mereka. Saat menambahkan ikan, berhati-hatilah untuk tidak membiarkan air dari kantong masuk ke dalam akuarium. Ini mungkin terkontaminasi, atau paling tidak, itu akan menghilangkan suhu dan P.H. Biarkan ikan sekitar dua jam menyesuaikan diri sebelum memberinya makan.

Baca Juga  Tips Perawatan Akuarium Ikan Air Laut

Pakan hanya dalam jumlah yang dapat dikonsumsi dalam dua hingga lima menit pertama. Makan berlebihan adalah masalah umum di akuarium. Penting untuk tidak memberi makan berlebihan, karena kelebihan makanan akan menjadi kotoran yang menambah kadar amonia. Ini sangat penting di akuarium baru yang bebas dari bakteri nitrifikasi. Uji air P.H. setiap hari dalam bulan pertama. Perhatikan reservoir untuk kekeruhan; jika akuarium menjadi keruh, alat penjernih mungkin perlu ditambahkan. Periksa ikan untuk mencari tanda-tanda stres atau penyakit. Ikan yang sehat akan berenang secara teratur. Ikan lesu biasanya melayang-layang di dekat permukaan akuarium. Setelah sekitar satu minggu, ganti sekitar sepuluh persen air dan mulailah perawatan rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *