Pakan Untuk Ikan Dalam Akuarium Air Asin

Siapa pun yang pernah memiliki hewan peliharaan tahu bahwa salah satu hal pertama yang dilakukan pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab adalah memastikan hewan peliharaannya memiliki pola makan yang seimbang. Mereka tahu bahwa semakin sehat makanan hewan peliharaan mereka, semakin besar kemungkinan mereka untuk panjang umur dan hidup sehat. Ikan yang dipelihara di akuarium air asin sama persis. Pemilik akuarium air asin yang bertanggung jawab tahu persis jenis makanan apa yang dibutuhkan ikannya untuk bertahan hidup dan memastikan ia memiliki persediaan yang siap.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang memberi makan ikan tropis adalah berapa banyak makanan yang harus mereka dapatkan. Aturan umumnya adalah saat Anda memberi makan ikan, gunakan stopwatch dan hitung berapa lama mereka makan. Diperlukan waktu sekitar dua menit agar ikan selesai makan. Jika ikan di akuarium Anda kehabisan makanan dalam waktu kurang dari dua menit, mereka mungkin tidak cukup makan. Jika masih ada makanan setelah dua menit, Anda mungkin makan berlebihan dan harus menguranginya. Cara yang lebih akurat untuk mengukur jumlah makanan yang harus dimakan oleh lima puluh ikan tropis dewasa adalah sekitar sepuluh gram makanan dalam sebulan, tetapi itu dapat membawa variasi dan pertumbuhan.

Makanan ikan yang seimbang biasanya terdiri dari sepuluh persen lemak, tiga puluh hingga tiga puluh enam persen protein. Asam amino juga harus ada.

Langkah pertama dalam memberi makan ikan Anda secara bertanggung jawab adalah mengetahui jenis makanan yang mereka makan. Beberapa ikan tidak dapat dipelihara di dalam tangki yang memiliki karang karena mereka suka memakan invertebrata kecil yang menjadikan karang sebagai rumah mereka. Ikan predator biasanya membutuhkan makanan beku atau hidup. Ikan yang tinggal di bawah harus diberi makan jenis makanan yang cukup berat untuk tenggelam ke dasar tangki, ikan ini tidak cocok dengan makanan ikan yang mengapung di permukaan tangki. Pemilik akuarium yang tertarik untuk memelihara ikan tropis mereka sering memberi makan udang air asin mereka, yang mereka biakkan di tempat pembenihan udang air asin mereka.

Baca Juga  Akuarium Terumbu Karang

Banyak penjaga tangki ikan air asin suka menggunakan pengumpan ikan otomatis. Pengumpan Ikan Otomatis adalah pengumpan yang dapat dipasang di sisi samping akuarium. Setelah pemilik ikan mengisi hopper dengan makanan, pengumpan akan secara otomatis mendistribusikan makanan secara berkala, ini memungkinkan pemilik ikan untuk lebih leluasa dan tidak dipaksa untuk mengatur jadwal mereka seputar pemberian makan ikan. Pengumpan makanan ikan otomatis rata-rata tidak dapat mengeluarkan makanan beku atau hidup, yang membuatnya nyaman untuk ikan predator. Beberapa pemilik ikan yang tidak hadir menempatkan blok makanan di akuarium mereka.

Pemilik ikan tropis harus menyimpan makanan ikan berlebih di tempat yang sejuk dan kering dalam wadah yang tidak memungkinkan kelembapan meresap. Makanan ikan beku harus dibuang setelah tiga bulan.

Salah satu bahaya ikan yang terlalu banyak memberi makan adalah bahwa makanan yang terbuang dapat merusak tingkat pH air akuarium Anda. Jika terlalu banyak makanan yang dibuang mencemari air, hal itu dapat menyebabkan kematian ikan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *