Merawat Karang Gelembung di Akuarium

Karena semakin banyak orang memasang akuarium air asin, semakin banyak yang menambahkan karang ke dekorasi. Seperti halnya makhluk hidup, yang terbaik adalah memahami makhluk itu dan cara merawatnya dengan benar sebelum membawanya pulang. Tidak ada bedanya dengan karang karena ini adalah hewan hidup yang akan Anda tambahkan ke akuarium Anda. Perawatan dan pemeliharaan karang harus dipahami dengan baik sebelum membuat keputusan akhir untuk menambahkan hewan cantik ini ke akuarium Anda.

Spesies karang yang paling umum digunakan di akuarium disebut karang gelembung. Karena fakta bahwa mereka sangat umum, kami akan menggunakan spesies ini sebagai pedoman. Di dalam keluarga karang gelembung, ada tiga subspesies. Mereka adalah karang gelembung sederhana, karang gelembung mutiara, dan karang gelembung anggur. Mereka semua diperlakukan sama, jadi mereka akan disebut sebagai bubble coral di seluruh artikel.

Salah satu hal terpenting yang perlu diketahui tentang karang Anda adalah bagaimana memberi jarak saat menambahkannya ke tangki. Karang gelembung memiliki tentakel panjang yang dipersenjatai dengan sel penyengat. Sebagian besar, mereka tetap ditarik sampai malam tiba, ketika diperpanjang untuk membantu kebiasaan makan. Tentakel ini akan mengarah ke karang terdekat jika cukup dekat. Sadarilah hal ini saat Anda menempatkan karang di tangki Anda dan mencoba untuk menjaga jarak potongan karang setidaknya 6 inci dari yang lain.

Saat Anda mempertimbangkan penempatan. Juga pertimbangkan pencahayaan yang tersedia di tempat mereka ditempatkan. Jika Anda memiliki sumber cahaya lain selain tabung di kap, karang gelembung harus muat di mana saja di dalam tangki. Jika Anda menggunakan tabung fluoresen yang disertakan untuk penerangan, mungkin yang terbaik adalah menempatkan karang lebih dekat ke permukaan. Jenis karang ini lebih menyukai pergerakan air yang rendah. Pastikan Anda tidak memasukkannya ke arus searah. Dengan cara ini vesikula karang akan tetap tertutup. Ini akhirnya akan mengakibatkan kematian.

Baca Juga  Instalasi dan Perawatan Akuarium Air Dingin

Ketika Anda memiliki karang yang berada di dalam akuarium, Anda harus ingat bahwa itu adalah hewan yang hidup dan Anda perlu makan seperti halnya ikan Anda. Untuk karang gelembung, beri mereka makan udang atau potongan kecil kerang sekali atau dua kali seminggu. Atur potongan makanan pada polip karang. Makanan apa pun yang terperangkap oleh tentakel atau di antara vesikula akan segera dimakan. Penting untuk tidak memberi makan karang atau ikan secara berlebihan. Alga merupakan parasit yang akan menyebabkan kerusakan karang bahkan kematian. Jagalah agar alga tetap terkontrol dengan pembersihan akuarium yang terjadwal dan rutin. Karang gelembung juga bisa terkena cacing pipih. Cacing ini mudah terlihat dan biasanya muncul sebagai bintik melingkar pada vesikula karang. Mereka tidak perlu khawatir dan biasanya hanya menyebabkan sedikit kerusakan. Namun, jika Anda melihat cacing ini dalam jumlah yang signifikan atau banyak, Anda perlu mengambil tindakan karena mereka dapat menyebabkan kematian.

Karang adalah tambahan yang bagus untuk akuarium apa pun. Banyak orang yang tidak mengetahui cara merawat hewan ini. Dianjurkan agar Anda mempelajari semua yang Anda bisa tentang hewan itu, cara kerjanya dan kehidupannya sebelum menambahkannya ke akuarium. Begitu Anda memiliki pengetahuan dan bisa menjaganya, karang akan membantu Anda menciptakan surga bawah laut yang bertabur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *