Menyiapkan Akuarium untuk Terumbu Karang

Penggemar air asin telah mengembangkan cinta dengan terumbu karang. Tidak ada yang lebih mereka sukai dari merancang, menyimpan, dan memelihara akuarium air asin yang cocok dengan karang.

Selama bertahun-tahun hanya petualang yang memiliki keberanian untuk menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh akuarium terumbu air asin. Sampai saat ini, terumbu karang terkenal sulit untuk dipelihara.

Waktu telah berubah. Sekarang ada beberapa jenis karang yang bahkan dapat dinikmati oleh pemilik akuarium air asin yang paling pemula.
Kunci untuk berhasil memelihara tangki terumbu air asin adalah mengatur tangki terumbu air asin Anda dengan benar.

Hal pertama yang ingin Anda temukan adalah tangki. Pilih tangki terbesar yang Anda rasa nyaman. Semakin besar ukuran akuarium Anda, semakin besar massa air yang membungkus terumbu dan semakin Anda dapat meniru efek laut. Anda dapat memilih tampilan klasik dari akuarium kaca atau Anda dapat memilih tangki akrilik yang memberi Anda variasi bentuk dan gaya yang lebih beragam. Tangki akrilik juga lebih tahan lama dibandingkan tangki kaca. Pastikan sama sekali tidak ada tembaga di mana pun di dalam tangki. Tembaga memiliki efek mematikan pada karang.

Sebelum menambahkan karang ke akuarium Anda, pastikan suhu air tetap konstan. Suhunya harus tetap pada 23-25 ??derajat Celcius (73-77 derajat Fahrenheit). Karang Anda akan tetap sehat di air dengan suhu yang selalu sama.

Sangat penting bahwa akuarium air asin terumbu Anda disaring dengan benar. Ketiga jenis filter tersebut adalah mekanis, biologis, dan kimiawi.

Filter mekanis adalah filter yang terbuat dari benang nilon pintal. Filter mekanis menjebak dan menghilangkan bahan limbah serta mencegah penyumbatan filter kimia dan biologis. Ada beberapa filter biologis. Beberapa menggunakan substrat akuarium sebagai bagian dari sistem filtrasi. Tujuan filter biologis adalah untuk mengandung sifat biokimia dan untuk mengurai produk limbah.

Baca Juga  Panduan Perawatan Akuarium Baru

Filter kimiawi menyerap ion limbah terlarut. Filter kimiawi biasanya didasarkan pada karbon aktif.

Banyak pemilik akuarium terumbu laut lebih suka menggunakan produk lain seperti Bioballs dan Protein Skimmer untuk membantu sistem filtrasi mereka.

Tingkat PH dari akuarium air asin karang harus tetap stabil di 8.2.

Terumbu karang membutuhkan sistem filtrasi yang mengalirkan air di dalam tangki. Air yang bergerak cenderung kaya oksigen, dan arus membawa makanan ke invertebrata yang hidup di dalam karang yang tidak bergerak. Pompa submersible akan melakukan keajaiban untuk meningkatkan aliran air di akuarium air asin.

Ketika Anda memutuskan untuk mengisi akuarium air asin karang Anda dengan ikan, Anda perlu mengingat beberapa hal sebelum bergegas ke toko ikan favorit Anda.

Ingatlah bahwa hanya karena berbagai ikan hidup di laut tidak otomatis berarti cocok dengan karang. Beberapa ikan memakan invertebrata yang menjadikan terumbu sebagai rumah mereka. Beberapa ikan menghasilkan limbah karang beracun. Beberapa ikan, seperti ikan buntal, menghasilkan racun saat mati yang dapat membunuh semua organisme hidup di akuarium Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *