Cara Merawat Akuarium Berbahan Akrilik

Praktek memelihara akuarium dimulai pada akhir tahun 1800. Mereka cukup kasar. Biasanya akuarium purba ini hanya memiliki satu sisi pada kaca, sedangkan tiga sisi lainnya terbuat dari logam atau kayu. Sebagian besar akuarium terdiri dari ikan asli wilayah pemiliknya hanya untuk ketersediaan. Selain itu, sebagian besar akuarium jadul hanya berisi ikan air tawar. Alasannya adalah air garam akan merusak rangka logam yang menyatukan akuarium.

Akuarium berubah secara dramatis pada 1960-an dengan penemuan perekat silikon. Bingkai logam menjadi usang dan semakin banyak orang mulai memelihara ikan air asin dan invertebrata. Baru-baru ini tangki kaca menjadi lebih jarang digunakan karena fleksibilitas dari akrilik. Fleksibilitas secara harfiah! Akuarium akrilik jauh lebih pemaaf daripada akuarium kaca. Jika benda berat menabrak tangki kaca, hampir pasti akan pecah. Fleksibilitas tangki akrilik akan mencegah terjadinya bencana ini. Selain itu, akrilik menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam desain daripada kaca. Akuarium akrilik telah diubah menjadi apa saja, mulai dari meja kopi hingga mesin bola karet.

Meski begitu, ada kekurangan singkat untuk memiliki akuarium akrilik. Mereka lebih mudah tergores daripada kaca. Saat membersihkan akuarium, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan handuk kertas dan bahan kimia yang keras atau abrasif, karena dapat menggores permukaan akrilik akuarium. Selalu gunakan pembersih yang diberi label khusus aman untuk akrilik. Gunakan sikat plastik atau karet daripada logam untuk membersihkan sisi tangki akrilik. Berhati-hatilah agar tidak mengambil bagian substrat atau kerikil secara tidak sengaja saat membersihkan bagian dalam tangki. Namun, jika Anda kebetulan menggores akuarium akrilik, semuanya tidak hilang. Tangki bisa diperbaiki, tidak seperti kaca. Ada kit perbaikan akrilik yang tersedia di toko hewan peliharaan khusus, toko perkakas lokal Anda, dan tentu saja online.

Baca Juga  Akuarium Terumbu Karang

Saat berbelanja kit akuarium akrilik, akan ada banyak pilihan berbeda untuk dipilih, dengan harga berbeda. Perlengkapan akuarium dapat dibeli di tempat-tempat seperti toko khusus hewan akuatik, dari jaringan retail besar, atau online lagi. Seorang pencinta ikan dapat memilih dari tangki kecil berbentuk silinder yang juga dapat berfungsi ganda sebagai lampu meja untuk menembok akuarium berukuran sangat besar. Meskipun ada beberapa hal dasar yang akan disertakan dalam kebanyakan kit, seperti filter, substrat atau karang dan terkadang pencahayaan, kit itu sendiri dapat sangat bervariasi. Tidak masalah di mana Anda membeli starter kit Anda, tetapi perlu diingat bahwa sangat penting untuk membeli ikan Anda dari dealer yang memiliki reputasi baik. Jangan membeli ikan yang melayang di dekat permukaan atau yang berada di dalam akuarium bersama ikan mati lainnya. Penyakit ikan sangat mudah menular. Bosan dengan pedagang ikan yang menolak menangkap ikan tertentu dari tangki untuk Anda. Bagaimanapun, ini akan menjadi ikan Anda dan Anda memiliki hak untuk memilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *