Menanggulangi Penyakit dalam Bunga Mawar

Untuk memastikan mawar berharga Anda tetap dalam kondisi prima, cukup ikuti tip berikut.

1. Bintik hitam pada daun
Penyakit ini biasa dikenal dengan bintik hitam. Bintik hitam tampak melingkar dengan tepi berpohon pada daun. Mereka menyebabkan daun menguning. Buang dedaunan yang terinfeksi dan kumpulkan daun-daun yang gugur di sekitar mawar. Semprotan buatan bisa digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit mawar jenis ini.

2. Tongkat muda kerdil atau cacat
Dikenal sebagai embun tepung, ini adalah penyakit jamur yang menutupi daun, batang, dan kuncup dengan debu putih yang menyebar angin. Ini menyebabkan daun melengkung dan berubah menjadi ungu. Semprot dengan Funginex atau Benomyl untuk mengobati penyakit jamur ini.

3. Daun bagian bawah yang melepuh
Dikenal sebagai hawar, penyakit ini ditandai dengan lepuh berwarna oranye-merah yang berubah menjadi hitam pada musim gugur. Ia dapat bertahan hidup di musim dingin dan karena itu akan menyerang tunas baru di musim semi. Kumpulkan dan buang daun yang terinfeksi di musim gugur. semprotan Benomyl atau Funginex setiap 7-10 hari dapat membantu.

4. Daun dan bunga cacat atau kerdil
Ini disebabkan oleh tungau laba-laba. Mereka adalah laba-laba kecil berwarna kuning, merah, atau hijau yang ditemukan di bagian bawah daun tempat mereka menyedot cairan. Penerapan Orthene atau Isotox dapat membantu dalam pengobatan infestasi ini.

5. Daun lemah, berbintik-bintik dengan sarang laba-laba putih kecil di bawahnya
Ini disebabkan oleh kutu daun. Mereka adalah serangga kecil bertubuh lunak yang biasanya berwarna coklat, hijau, atau merah. Seringkali berkerumun di bawah daun dan kuncup bunga, mereka menghisap sari tanaman dari kuncup lunak. Semprotan malathion atau diazinon dapat membantu mawar bertahan hidup dari serangga ini.

Baca Juga  Tips Menanam Tanaman Herbal Sendiri

6. Bunga yang tidak terbuka atau berubah bentuk saat dibuka.
Thrips bisa menjadi alasan untuk masalah ini. Mereka adalah serangga kuning kecoklatan ramping dengan sayap berpohon yang juga menyedot cairan dari kuncup bunga. Potong dan buang bunga yang terserang. Orthene dan malathion juga dapat mengatasi masalah ini.

Ingatlah bahwa mawar adalah pengumpan lapar yang membutuhkan banyak pupuk untuk tumbuh menjadi semak yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *